×

STUDI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN LARANGAN MEROKOK DI UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN 2012

Elsa Maharrani, Isniati Isniati, Adila Kasni Astiena
This article has been read 0 times.
This PDF has been read 0 times.

Abstract

Rokok merupakan permasalahan besar pada sepuluh tahun belakangan ini. Terdapat 4,9 juta kematian setiap tahunnya, dimana 70% dari jumlahnya terjadi di negara berkembang (TCSC-IAKMI 2008). Universitas Andalas telah menetapkan kebijakan larangan merokok di lingkungan kampus pada tahun 2011, kebijakan ini merupakan langkah untuk melindungi  perokok pasif dari paparan asap rokok orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi yang mendalam mengenai implementasi kebijakan larangan mero­kok di Universitas Andalas tahun 2012. Desain penelitian ini adalah kualitatif. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah informan 17 orang.  Data dikumpulkan dengan cara wawancara mendalam, focus group discussion (FGD) dan observasi, dan kemudian diolah dengan triangulasi data, sumber dan metode. Hasil penelitian menujukan bahwa dari sisi input yaitu tenaga, sarana dan dana belum memadai, sedangkan dari segi proses, implementasi kebijakan larangan merokok belum optimal dilakukan, karena masih terdapat permasalahan yang disebabkan oleh tidak adanya pengawasan dan kejelasan tanggungjawab untuk mengawasi kebijakan ini. Disarankan agar selanjutnya Universitas Andalas menyediakan alokasi dana dan memperjelas alur tanggungjawab pada implementasi kebijakan larangan merokok, serta menetapkan sanksi bagi yang melanggar larangan merokok.

Full Text:

PDF

References

Republik Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945.

Departemen Kesehatan RI. Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta: Departemen Kesehatan RI; 2004.

WHO. Tobacco and Health Impact. 2008. Di unduh dari http//www. Who.int/tobacco/health/health_impact/en pada tanggal 20 april 2012.

Departemen Kesehatan RI. Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar Tahun 2007. Jakarta; Departemen Kesehatan RI; 2007.

McGhee,et all. The cost of Smoking in Vietnam the case of in patient care. Vietnam: Tobacco control; 2007.

Departemen Kesehatan RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Jakarta; Departemen Kesehatan RI; 2009.

Departemen Kesehatan RI. The tobacco source book: Data to support a national Tobacco control strategy. Jakarta: Departemen Kesehatan RI; 2004

Universitas Andalas. Tata Tertib Kehidupan Mahasisswa Di Kampus.Padang: Universitas Andalas; 2011.

McGhee,et all. The cost of Smoking in Vietnam the case of in patient care. Vietnam: Tobacco control; 2007

Peraturan Rektor Universitas Andalas. http://kemahasiswaan.unand.ac.id/