PENGARUH LINDI ( LEACHATE ) SAMPAH TERHADAP AIR SUMUR PENDUDUK SEKITAR TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR ( TPA ) AIR DINGIN
PDF (Bahasa Indonesia)

How to Cite

Mahluddin Yatim, E., & Mukhlis, M. (2013). PENGARUH LINDI ( LEACHATE ) SAMPAH TERHADAP AIR SUMUR PENDUDUK SEKITAR TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR ( TPA ) AIR DINGIN. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 7(2), 54–59. https://doi.org/10.24893/jkma.v7i2.109

Abstract

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Air Dingin terletak di Kecamatan Koto Tangah Padang merupakan tempat pembuangan akhir sampah yang berasal dari Kota Padang. TPA Air Dinginberoperasi dengan sistem open dumping dan belum adanya Instalasi khusus Pengolahan untuk lindi yang dihasilkan sehingga berpotensi untuk mencemari air sumur di sekitarnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahuikarakteristik air lindi sampah,dan pengaruhnya terhadap kualitas air sumur disekitar TPA Air Dingin. Penelitian ini dilakukan dengan pengambilan sampel air lindi sampah pada kolam air lindi. Pengambilan sampel air sumur pada 4 lokasi sampel dengan mempertimbangkan jarak lokasi dengan TPA. Hasil yang diperoleh dari analisis dibandingkan dengan persyaratan dan baku mutu yang berlaku secara deskriptif dengan menggunakan tabel serta menghitung Indeks Pencemaran (IP). Hasil penelitian menunjukan parameter Wama, bau, TSS, BOD dan COD dari Air Lindi melampaui baku mutu. Parameter Cduntuk Air Lindi dan Air sumur masih dalam ambang batas. Parameter BOD, dan COD untuk air sumur sampai jarak 300m sudah melebihi ambang batas. Semua parameter untuk Air sumur dengan jarak 500 mdari TPA masihdalam ambang batas. IP untuk Sumur pantau adalah 1,99, IP untuk sumurjarak sampai 200 m adalah 1,91 dan IP untuk sumur dengan jarak sampai 300 m adalah 1,61 semuanya tergolong pencemaran ringan.

https://doi.org/10.24893/jkma.v7i2.109
PDF (Bahasa Indonesia)

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

    • Authors retain copyright and grant the Andalas Journal of Public Health right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Andalas Journal of Public Health.
    • Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Andalas Journal of Public Health.
    • Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).