DIMENSI KEPUASAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN NIAT BERKUNJUNG KEMBALI DI LAYANAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) SERANG TAHUN 2007
PDF (Bahasa Indonesia)

How to Cite

Lutfiah, L., & Ayubi, D. (2008). DIMENSI KEPUASAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN NIAT BERKUNJUNG KEMBALI DI LAYANAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) SERANG TAHUN 2007. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 3(1), 5–9. https://doi.org/10.24893/jkma.v3i1.48

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan adalah derajat atau tingkatan yang menunjukkan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang disatu pihak dapat menimbulkan kepuasan pada setiap pelanggannya. Pelanggan yang merasa puas akan melakukan kunjungan ulang untuk memperolehpelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dimensi kepuasan pasien dengan niat berkunjung kembali di Unit Rawat Jalan RSUD Sevang. Desain dalam penelitian ini adalah rancangan cross sectional, melalui pendekatan kuantitatif. Untuk mengukur kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan menggunakan metode SERVQUAL.Hasil penelitian yang dilaksanakan di pelayanan rawat jalan RSUD Serang ditemukan bahwa rerata skor kepuasan pasien yaitu 96.26 (skala 100). Seluruh dimensi kepuasan memiliki hubungan yang bermakna dengan niat berkunjung kembali. Dimensi kepuasan yang paling dominan berhubungan dengan niat berkunjung kembali adalah DimensiAssurance. Manajemen RSUD Serang sebaiknya melakukan konsolidasi atas kemampuan dan kecepatan petugas rumah sckit dalam melayani pasien mulai dari awal pasien datang sampai pulang serta mempunyai Standar Prosedur Operasional dalam melaksanakan kegiatan serta tindakan medis agar dapat bekerja secara efisien dan efektif.

https://doi.org/10.24893/jkma.v3i1.48
PDF (Bahasa Indonesia)

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

    • Authors retain copyright and grant the Andalas Journal of Public Health right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Andalas Journal of Public Health.
    • Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Andalas Journal of Public Health.
    • Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).